Monday, March 17, 2008

Satu Hari Menuju Grand Final.

Senang sekali besok siang kita akan kembali berjumpa di grand final The Marketing Game 4 (TMG 4) sekaligus mendapatkan pemenang atau juara dari TMG 4 ini.

Ketiga tim yang akan bertanding besok sudah melewati 3 tahap yang penuh tekanan dengan nilai yang baik. Dan berkat teamwork yang baik, akhirnya besok mereka bisa bertarung memperebutkan gelar juara untuk almamaternya. Di babak grand final ini, tekanan semakin kami perberat, yakni berkurangnya satu hari kerja bagi para finalis untuk menyusun sebuah strategi pemasaran, yang biasanya waktu kerja adalah 7 hari, sekarang hanya 6 hari bila bisa digunakan secara maksimal.

Bisa bekerja sama dalam sebuah tim dan berusaha untuk tetap berdiri tegak dalam tekanan adalah keutamaan dari kegiatan TMG ini. Kedua hal tersebut bukan hal yang mudah. Kita memerlukan banyak adaptasi, saling toleransi, kontrol emosi yang baik, serta kemampuan untuk bekerja sama. Kita juga harus mampu mengidentifikasi masalah, kemudian menggali informasi, menganalisa, mengimplementasikan, dan menyajikan data pemecahan masalah tersebut dalam bentuk presentasi yang baik. Semua dilakukan secara tim, dimana kita harus deal dengan perbedaan-perbedaan yang dimiliki sesama anggota tim kita.

Persaingan esok hari akan semakin ketat, mengingat kasus pada babak grand final ini menuntut para finalis untuk berfikir ekstra; lebih kreatif, lebih orisinil, dan tentunya lebih kritis. Pastinya di hari besok kita akan disuguhi oleh pemikiran para finalis kita, yang tentunya, akan menjadi presentasi yang sangat luar biasa.

Panitia sudah bersemangat. Pastinya, begitu juga dengan para finalis.

Ingat! Ini adalah sebuah game, selalu ada yang menjadi yang terbaik atau pemenangnya. Tidak ada yang kalah, karena penentuan pemenang hanya berdasarkan nilai numerik, bukan berdasarkan value yang dapat kita gunakan untuk masa depan kita nanti.

Selamat berjuang untuk pada finalis!


PANITIA.